The Silent Evidence

S aat darah, lebam dan bau busuk menyengat berbicara dalam sunyi ..

B ercerita tentang maut. Dan gelap abadi ..

S ebagai salah satu bidang spesialisasi Kedokteran, Ilmu Kedokteran Forensik banyak berperan dalam berbagai sisi kehidupan. Secara langsung berkutat dengan manusia, atau bagian tubuh yang diduga dari manusia. Menjadi petunjuk dan pengganti benda bukti pada kasus pidana adalah peran dari manifestasi usaha penelusuran kejadian tiap kasus, walau tidak hadir pada saat terjadinya kasus tersebut.

P ada korban hidup, kesaksian korban didukung dengan bukti fisik dapat disusun menjadi alur cerita kejadian tindak pidana yang terjadi. Tapi lain hal-nya pada korban tak bernyawa, hanya bukti fisik yang bisa menjadi saksi bisu terjadinya keadaan yang membuat korban kehilangan nyawanya. Bentuk dan kedalaman luka, dapat menunjukkan benda yang menyebabkan. Alur lecet menggambarkan arah benda terhadap tubuh, serta bentuk permukaannya. Lebam dan kaku mayat bersama-sama dapat memperkirakan waktu nyawa sang korban terpisah dari tubuhnya. Petunjuk lain, seperti panjang rambut, kuku, cairan tubuh, bahkan benda yang secara sengaja atau tidak ikut terbawa bersama sang korban, seperti batu, potongan logam atau potongan tanaman, saling menyumbang kemungkinan tentang kejadian meninggalnya korban.

L ebih jauh, pemeriksaan dalam pada korban tak bernyawa, menyangkut pemeriksaan organ-organ seluruh tubuh. Mulai dari otak, alat dan saluran pencernaan, bagian-bagian pendukung pernapasan, jantung, hati, ginjal, bahkan pembuluh darah. Bau, warna, bentuk, ukuran, berat, elastisitas, busa-gas-cairan penyerta menunjukkan tingkat abnormalitasnya. Selanjutnya pemeriksaan histologik secara mikroskopik dan kimiawi, melengkapi rangkaian pemeriksaan-pemeriksaan sebelumnya.

Tempat menimbang jenasah dengan brankar

Disini menimbang organ

Iklan

One thought on “The Silent Evidence

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s