Bu[ah] – Sa[yur]

Bagi para pecinta buah atau sayuran, ternyata ada beberapa hal yang agak berbeda dari pendapat kita selama ini tentang bagaimana menjaga kebersihan buah atau sayuran yang akan kita konsumsi. Misalnya dengan cara mencucinya, tidak perlu menggunakan sabun, detergen atau pemutih. Karena penggunaan bahan tersebut diatas tidak menjamin buah dan sayuran akan bebas dari bakteri. Namun ada beberapa cara untuk mengantisipasi buah atau sayuran tetap aman dikonsumsi :

  1. Pegang buah dan sayur dengan hati – hati untuk mengurangi memar. Karena memar atau robeknya lapisan pelindung yang menutupi buah, dapat memicu pembusukan dan bakteri pengurai yang memberikan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan kuman patogen, seperti Salmonella.
  2. Cuci dibawah air mengalir. Semburan air dingin dapat membersihkan sebagian bakteri. Kecuali bagi Salmonella atau E. coli, yang tahan semburan air karena dapat melekat kuat pada permukaan buah.
  3. Keringkan dari air bekas mencuci.
  4. Simpan buah dan sayur dalam kulkas.
  5. Buang sayuran dan buah jika tampak mulai membusuk.

Bagaimanapun cara – cara diatas tidak lantas 100% membebaskan kita terinfeksi bakteri melalui buah atau sayuran yang kita konsumsi. Maka disamping mengikuti cara diatas, untuk saya yang lebih utama adalah membaca bismillah, atau berdoa untuk kebaikan mengkonsumsinya, karena bukankah sakit dan obat adalah datangnya dari Allah SWT.. ๐Ÿ˜‰

Iklan

2 thoughts on “Bu[ah] – Sa[yur]

  1. no 4, kebayang gimana repotnya kalo nyimpan nangka utuh dalam kulkas hihihihih.
    beberapa jenis (ato sebagian besar? ) buah mengeluarkan zat tertentu (lupa namanya hihihi) ke udara untuk mempercepat proses pematangan buah. untuk buah semacem itu memang sebaiknya disimpan di kulkas supaya ndak terlalu matang dan kemudian busuk

  2. ๐Ÿ˜€

    Pliz de mas..
    Makanya kalo punya nangka mbuled, mbok ya di bagi” gitchu.. ๐Ÿ˜‰

    *menantikirimannangka*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s